Prospektus Ringkas

Prospektus Ringkas

Prospektus ringkas adalah dokumen keterbukaan yang dikeluarkan oleh calon emiten yang disarikan dari dan mewakili dokumen-dokumen yang menyertai suatu pernyataan pendaftaran calon emiten kepada BAPEPAM sebelum pernyataan pendaftaran dinyatakan efektif.

Prospektus ringkas ini bertujuan untuk memberitahukan masyarakat bahwa calon emiten akan melakukan panawaran umum atas emisinya kepada pemodal. Bagi masyarakat pemodal prospektus ringkas ini sebagai kesempatan untuk mempelajari lebih awal efek dari emiten, sehingga akan sangat membantu bagi pemodal untuk mengambil keputusan membeli atau tidak efek tersebut.

Prospektus Ringkas memuat pernyataan bahwa BAPEPAM tidak memberikan pernyataan menyetujui atau tidak menyetujui penawaran efek oleh suatu perseroan. Pernyataan ini bertujuan agar calon investor mempelajari isi prospektus sehingga calon investor tersebut membuat keputusan yang benar mengenai membeli atau tidak efek tersebut.

Dalam Prospektus Ringkas juga memuat pernyataan oleh calon emiten bahwa keseluruhan isi dari prospektus itu menjadi tanggung jawan calon emiten.

Prospektus Ringkas juga memuat pernyataan singkat dari perseroan mengenai resiko usaha yang sedang atau mungkin dihadapi oleh perseroan.

Selain pernyataan-pernyataan di atas dalam prospektus Ringkas juga tercantum beberapa informasi penting, yaitu:

1.      Jadwal pelaksanaan penawaran umum termasuk di dalamnya pelaksanaan RUPS yang mengambil keputusan disetujuinya suatu perusahaan melakukan go public sampai jadwal pencatatan efek di bursa.

2.      Informasi mengenai jenis efek yang ditawarkan berupa saham atau obligasi.

3.      Rencana penggunaan dana hasil dari penawaran umum tersebut, apakah dana hasil dari penawaran umum ini akan digunakan untuk bayar hutang atau untuk ekspansi usaha.

4.      Laporan keuangan singkat termasuk didalamnya pernyataan hutang, rugi laba perseroan.

5.      Analisa dan pembahasan oleh manajemen perusahaan yang mencantumkan pendapatan usaha, beban usaha, pertumbuhan aset, ekuitas dan lain-lain.

6.      Resiko usaha dari perseroan baik dari internal ataupun eksternal perseroan.

7.      Keterangan singkat mengenai perseroan termasuk didalamnya riwayat singkat perseroan, kepemilikan saham perseroan, kepengurusan perseroan, sumber daya manusia dan lain-lain.

8.      Kegiatan dan prospek usaha perseroan yang mencantumkan kegiatan usaha perseroan, strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh perseroan.

9.      Kebijakan dividen dan pajak terhdap dividen.

10.  Lembaga dan profesi penunjang, diantaranya:

o       Akuntan Publik (auditor independen) untuk melakukan audit atas laporan keuangan perseroan.

o       Konsultan Hukum untuk memberikan pendapat dari segi hukum (legal opinion).

o       Notaris untuk membuat akta-akta perubahan anggaran dasar atau akta-akta lainnya yang berhubungan dengan proses penawaran umum perseroan.

o       Penilai untuk menilai harga dari perusahaan atau efeknya, Penilai memastikan nilai asset dan lain-lainnya yang tertulis dalam prospectus adalah benar sesuai dengan nilai sebenarnya.

o       Wali Amanat sebagai wali dari kepentingan investor (untuk emisi obligasi)

o       Penanggung (Guarantor)

o       Biro Administrasi Efek

o       Kustodian untuk tempat penitipan harta.

11.  Persyaratan pemesanan dan pembelian efek. Persyaratan ini diperlukan untuk menjaga agar mekanisme penawaran umum yang ditetapkan oleh underwriter berjalan dengan baik. Persyaratan pemesanan ini mengatur mengenai pemesan yang berhak melakukan pemesanan efek, penjatahan pembelian, pembatalan pembelian dan pengembalian uang pemesanan yang batal dan alokasi sisa saham yang tidak terjual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s